Sabtu, 03 April 2010

Menang Atas Dosa

Bacaan: 1 Korintus 15:50-58
Cegukan selama beberapa menit mungkin masih dimaklumi. Tetapi kalau ada seorang yang harus menderita selama lebih dari 11 bulan, tentu saja bukan hal yang biasa. Chris Sands (24), seorang vokalis band mengalami cegukan selama 11 bulan tidak sembuh-sembuh, termasuk ketika ia tidur, makan, atau bernafas. Sudah berbagai cara dilakukan untuk menemukan penyebab sekaligus mengobati cegukan tersebut, namun semua usahanya belum berhasil. Akhirnya, ia pun membuat blog dengan harapan ada orang yang bisa memberikan solusi untuk menolongnya.

Sejak dosa masuk ke dalam dunia, banyak hal yang berkaitan dengan dosa merupakan “penyakit” yang mustahil disembuhkan. Akibat dosa yang membuat seseorang menjauh dari Allah, menyebutkan yang jahat itu baik, egois, hidup dalam kutuk, terikat kebiasaan buruk, dan berujung pada maut membuat banyak orang putus asa karena tidak tahu bagaimana mengatasinya. Mengenai sengat maut dan kuasa dosa, firman Allah menegaskan, “Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita” (1 Kor. 15:57).

Kuasa penebusan Kristus memungkinkan untuk kita hidup merdeka dan bebas dari belenggu dosa serta segala akibat yang menyertainya. Hanya di dalam Kristus, dengan kekuatan kuasa-Nya, dan tidak mungkin dilakukan di luar Kristus. Bahkan, maut pun tidak berkuasa lagi atas kita karena Yesus sudah menang atas maut!

Siang ini, jika kita sedang bergumul dengan perbuatan dosa atau kebiasaan buruk, ingatlah bahwa Kristus—Sang Penakluk Maut—ada di dalam diri kita untuk memampukan kita hidup berkemenangan. Bersama Dia, kuasa dosa telah dikalahkan. Mari jalani hidup sebagai seorang pemenang, oleh kasih karunia-Nya.

Sumber: Renungan Siang, Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komik